Sejarah SMP PGRI Klapanunggal


SELAYANG PANDANG SMP PGRI KLAPANUNGGAL
 


Pada tanggal 2 Mei 1983 terbentuklah suatu Panitia Pendiri Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diprakarsai oleh ketua LKMD Klapanunggal saat itu. Almarhum Bapak H.Enoch Sudjana,BA yang kemudian menjabat Kepala SMP PGRI Klapanunggal sampai tahun 2010. Hal ini mendapat sambutan yang positif dan antusias dari Kepala Desa Almarhum Bapak H.Djadja Widjaja dan masyarakat Klapanunggal dan Pimpinan Wilayah Perwakilan Kecamatan Klapanunggal saat itu Almarhum Bapak Surya Jaya. Atas dasar itu akhirnya, Panitia yang didalamnya terdapat unsur PGRI Wilayah Komisariat Klapanunggal langsung merealisasikannya melalui kegiatan-kegiatan penyuluhan kepada masyarakat Klapanunggal dan sekitarnya.

SMP PGRI Klapanunggal mulai menapak dan menata sarana dan prasarana yang merupakan persyaratan dalam melengkapi pengurusan surat izin untuk mendapatkan pengakuan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) pada saat itu. Di samping itu SMP PGRI Klapanunggal juga mengadakan kerja sama dengan SMP Negeri 1 Cileungsi sebagai sekolah pembina sekolah-sekolah swasta. Selanjutnya atas petunjuk Pengawas Dikmenum waktu itu, Bapak Drs. Emon S. yang bertugas di wilayah Rayon Cileungsi, maka Status SMP PGRI Klapanunggal mendapat pengakuan TERDAFTAR pada tahun 1984.

Kemudian pada akhir tahun 1992 SMP PGRI Klapanunggal tak lama mendapat status DIAKUI. Dengan status ini SMP PGRI Klapanunggal mendapat kesempatan melaksanakan kegiatan ujian mandiri dan tidak lagi bergabung atau menginduk ke SMP Negeri 1 Cileungsi.

Pada tahun 2005 SMP PGRI Klapanunggal mendapat status TERAKREDITASI B. dan semakin hari semakin meningkat dan pada tahun 2009 SMP PGRI Klapanunggal diakreditasi kembali dengan nilai baik dengan status TERAKREDITASI B No. 02.00/442/BAP-SM/X/2009.

Alhamdulillah sampai saat ini SMP PGRI Klapanunggal semakin hari semakin memantapkan dirinya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas, baik secara fisik maupun personal tenaga pendidik yang berkopetensi. Hal ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin tinggi, sehingga perlu adanya peningkatan mutu pendidikan dalam menjawab tantangan tadi dan dalam rangka pemenuhan keinginan masyarakat saat ini.

Berbagai prestasi yang telah diraih oleh SMP PGRI Klapanunggal merupakan bukti dan wujud keinginan untuk meningkatkan kualitas pendidikan diberbagai bidang. SMP PGRI Klapanunggal menyadari apa yang telah dan akan diraih berkat kerja keras dan kerja sama dengan berbagai pihak.

Itulah selayang pandang SMP PGRI Klapanunggal, mudah-mudahan ini bisa menjadikan dorongan dan daya tarik bagi siswa-siswi dalam menimba ilmu untuk bekal dalam menggapai masa depan yang lebih baik dan penuh kepastian. Amien...